Senin, 01 Oktober 2012

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Pengertian Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.
Menurut Nuraida (2008) sistem adalah kumpulan komponen dimana masing-masing komponen memiliki fungsi yang saling berinteraksi dan saling bergantung serta memiliki satu kesatuan yang utuh untuk bekerja mencapai tujuan tertentu.
Kesimpulan :
Informasi adalah data yang diterima dalam bentuk apapun kemudian di olah menjadi data-data yg diterima dan di tolak.

Pengertian Sistem
Menurut Wikipedia berbahasa indonesia, Pengertian Sistem dalam pengertian yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Sistem merupakan sebuah obyek yang dikaji / dipelajari, dimana memiliki karakteristik tertentu atau spesifikasi tersendiri,
Sedangkan system menurut para ahli menyatakan sebagai berikut :
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY :
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut ANATOL RAPOROT :
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut L. ACKOF :
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Kesimpulan :
Sistem adalah kumpulan atribut yang saling berkaitan satu dengan yang lainya, dimana bagian-bagiannya memiliki aturan dalam kesatuan.

Pengertian Psikologi
Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Sistem Informasi Psikologi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung sitem psikologi. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi, tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi.
Kesimpulan :
Sistem informasi psikologi adalah suatu bentuk yang tersusun secara teratur dimana terdapat aturan yang ditetapkan diantara mereka. Kemudian system ini juga berinteraksi dengan dunia teknologi.

Sumber :
Martin, Roderick, dalam buku “Sosiologi Kekuasaan”, hal 2-3.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
Latif, N. (1996). Biografi dan Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press. (Google Book)
Kristanto, A. (2007). Perancangan sistem informasi dan aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja          Rosdakarya.
Sukartini, S.P. & Baihaqi, M.I.F. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Teori Psikologi Pendidikan. Jakarta: IMTIMA. (Google Book)id.wikipedia.org/wiki/Psikologi diakses tanggal 28 September 2012
Marimin dkk. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Grasindo. (Google Book)
Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi Umum. Depok : Universitas Gunadarma.
http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi diakses tanggal 27 September 2012
http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-psikologi.html diakses tanggal 28 September 2012
Riyanti, B.P.D., dan Prabowo, H. (1999). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi. diakses tanggal 28 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar