Senin, 08 Oktober 2012

HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN KOGNISI MANUSIA

Dalam dunia modern saat ini banyak perkembangan teknologi yang sudah berkembang bahkan populer dikalangan masyarakat. Salah satunya dalam dunia komputerisasi namun tidak dapat dipungkiri banyak dari mereka yang hanya tahu komputer hanya secara umum, nah sekarang saya akan coba berbagi informasi tentang arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia.


Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer

Sebuah arsitektur kognitif mewujudkan struktur yang lebih umum dan mekanisme keluar yang bisa dijadikan model kognisi individu dalam situasi tertentu. Ruang model dan arsitektur memiliki sejumlah dimensi, termasuk: ketergantungan pada domain, tingkat spesifikasi, dan tingkat cakupan fenomena yang berbeda.
Arsitektur kognitif dapat dinilai dari segi kemampuan mereka untuk mendukung pembangunan model dan simulasi kognisi dan kesalahan. ACT-R adalah contoh dari arsitektur cukup ditentukan, di mana seseorang dapat membangun model simulasi tersebut. Ada beberapa fitur yang penting dalam studi tugas kompleks yang ACT-R tidak well-disesuaikan dengan pemodelan: termasuk di antara ini adalah pemodelan jenis tertentu kesalahan. ACT-R tidak dengan sendirinya sangat membatasi model untuk secara psikologis masuk akal - yang tersisa untuk orang yang membangun model. Arsitektur berasal dari Cosimo terbuka untuk perluasan dan peningkatan dengan cara yang sama.
Kerja yang relevan menuju pengembangan arsitektur kognitif untuk kognisi pemodelan dan kesalahan dalam tugas-tugas kompleks dapat mencakup di satu sisi generalisasi dari domain-spesifik model, berdasarkan hasil dari studi kognisi dan kesalahan dalam tugas-tugas kompleks real, dan di sisi lain hipotesa lebih rinci komputasi mekanisme pelaksanaan umum rawan kesalahan kemampuan kognitif, yang dapat ditunjukkan oleh psikologi kognitif. Ini akan tampak lebih baik jika kedua pendekatan berkembang bergandengan tangan, karena mereka adalah dua sisi dari perusahaan yang sama.
Struktur adalah bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan. Struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem. Identifikasi suatu struktur adalah suatu tugas subjektif, karena tergantung pada asumsi kriteria bagi pengenalan bagian-bagiannya dan hubungan mereka. Karenanya, identifikasi kognitif suatu struktur berorientasi tujuan dan tergantung pada pengetahuan yang ada. Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan.
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognisi beragam, di antaranya adalah psikologi, filsafat, komunikasi, neurosains, serta kecerdasan buatan. Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat memengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku atau tindakan mereka terhadap sesuatu.
Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur mencakup, merancang, dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.
Struktur kognisi terdiri dari 2 kata, yaitu struktur dan kognisi. Menurut Piaget, struktur disebut juga scheme (skemata/Schemas). Struktur & organisasi terdapat di lingkungan, tapi pikiran manusia lebih dari meniru struktur realita eksternal secara pasif. Interaksi pikiran manusia dengan dunia luar, mencocokkan dunia ke dalam “mental framework”-nya sendiri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan untuk struktur kognisi arsitektur computer adalah suatu unsur yang saling melengkapi, tetapi tidak sekompleks struktur kognisi dari manusia, karena struktur kognisi arsitektur terdiri hanya dari perangkat keras yang didesain seperti CPU, RAM, Memori, Procesor.
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Arsitektur komputer dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja , dan target biayanya.
Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema computer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
Dapat disimpulkan perbedaan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, sehingga memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
Kelebihan :
1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka

Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur computer, yaitu :
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, diperlukan ruangan yang besar untuk        menyimpannya
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Kerjanya sangat lama
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Sumber :
http://id.wikipedia.org

aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/11.-imk[2].doc

http://tips-indonesia.com/tes-psikologi-minat-bakat-potensi-multiple-intellegences-iq-eq-sq.


Solso, Robert L., Maclin, Otto H., Maclin, M. Kimberlyn. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga

Trisatya. (2011). Perbedaan organisasi komputer dan arsitektur komputer. http://joglio.blogspot.com/2011/10/tugas-organisasi-dan-aksitektur.html. (diakses,7 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer.(diakses, 7 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi. (diakses, 7 Oktober 2012)
http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi. (diakses, 7 Oktober 2012)

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_kognitif. (diakses, 7 Oktober 2012)

http://psikologikelompokpsikologisosial.blogspot.com/2012/03/analis-struktur-kognisi-manusia-dan.html

http://ilmuwanmuda.wordpress.com/piaget-dan-teorinya/yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../pemrosesan+komp.pdf

journal.mercubuana.ac.id/.../ARSITEKTUR%20%20KOMPUTER1.doc

aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/11.-imk[2].doc

http://mimamami-mima.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi.html

http://ichasajablogspotcom.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Cognitive_architecture
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar