Kamis, 30 September 2010

HUBUNGAN PSIKOLOGI DAN INTERNET

NAMA : RESYA BUARI DWI WIDIANI
KELAS : 2PA01
NPM    : 10509068

HUBUNGAN PSIKOLOGI DAN INTERNET

Psikologi dan internet pada saat ini dapat di katakan memiliki keterkaitan yang cukup erat. Perkembangan tekhnologi pada saat ini berkembang cukup pesat bersamaan dengan pergerakan pola pikir dan kebutuhan manusia akan tekhnologi. Dari sisi inilah mulai muncul hubungan yang berkaitan erat.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku setiap manusia dari yang tampak maupun tidak nampak,dari sisi fisik dan psikis. Internet adalah sebuah perkembangan yang dilahirkan oleh kemajuan tekhologi. Kedua nya seakan berjalan beriringan dan menjadikannya suatu hal yang saat ini sulit untuk di pisahkan.
Pengaruh yang ditimbulkan dari perkembangan tekhnolgi yaitu khususnya internet sedikit banyak mengubah cara dan pola perilaku manusia yang dapat  kita lihat dan teliti dari segi ilmu psikologi. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan tentang Gadget yang saat ini semakin banyak dan mudah untuk ditemui. Demi memenuhi dan mengikuti alur perkembangan jaman maka kita sebagai manusia ikut di remajakan dengan fasilitas ini,kemudahan melakukan sesuatu dan hanya membututhkan waktu yang cukup singkat membuat masyarakat bergerak cepat untuk bergeser dari arah kemunduran atau jaman yang bisa dikatakan meyulitkan unutk berkomunikasi  dengan cepat menuju jaman yang serba cepat dan instant. Hal ini merupakan sebagian faktor besar yang membentuk sikap manusia yang konsumtif dan sangat bergantung pada tekhnologi . Berkembangnya tekhologi lantas mengubah sisi dan ciri-ciri masyarakat Indonesia yang  terkenal akan gotong royong dan eratnya hubungan persaudaraan.
Jika di lihat dari sisi psikologi disinilah muncul hubungan yang cukup signifikan,
  • Pengaruh internet memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan pendidikan psikologi,karena user atau pengguna internet dapat mengunduh materi atau informasi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang  berhubungan dengan psikologi.
  • Pengaruh internet dapat membantu penyempurnaan bahan atau materi yang terdapat pada mata kuliah psikologi.
  • Pengaruh internet dengan segala perangkatnya yang dapat menyempurnakan penelitian yang berhungan dengan studi psikologi.
  • Pengaruh internet yang dapat mengubah gaya hidup dan profil sang pengguna menjadi konsumtif dan cenderung  menganggap mudah persoalan karena mereka terbiasa dimanjakan oleh kemudahan dan berjuta fasilitas.
  • Pengaruh internet dapat mengubah cara pandang manusia ke depan karena mereka yang tidak lagi mengalami ketinggalan jaman akan memiliki semangat yang besar untuk terus maju dan mapu mengiuti perubahan jaman dan rasa ingin bersaing .
  • Pengaruh internet yang memiliki berjuta aplikasi membuat pelajar menjadikan internet sebagai teman pendamping mereka untuk mengisi waktu luang. Game online yang sering di jadikan teman pendamping membuat mereka melek tekhnologi namun juga akan buta akhlak karena mungkin saja mereka mengunjungi situs yang tidak layak mereka lihat.
Dari sinilah internet dan psikologi memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat menarik untuk saya mengulas dan memcari tahu tentang fenomena ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar